Rahasia Agar Mudah Menghafal

Mengingat merupakan salah satu faktor untuk mencapai kesuksesan dan banyak orang yang ingin mempunyai ingatan yang kuat hingga usia dini, berbagai cara orang lakukan agar dapat memiliki ingatan yang tajam mudah menghafal dan sulit lupa.

untuk itu kali ini kita akan mengkaji tentang rahasia agar mudah menghafal dan sulit lupa mudah-mudahan kita semua diberikan keberkahan dan pengetahuan yanng dapat bermanfaat bagi orang.

Ada 4 cara rahasia agar menguatkan ingatan dan dikuatkan ingatannya oleh Allah.

oke sebelum kita masuk pembahasan tentang 4 rahasia agar dipermudah untuk mengingat dan dikuatkan ingatannya oleh Allah , kita akan belajar terlebih dahulu tentang

Macam-macam tipe orang dalam menghafal:


1. Ada orang yanng mudah hafal dan lama lupanya.

Nah orang seperti ini yang sering disebut orang cerdas karena mempuanyai daya ingat yang tajam

2. Lama hafal lama pula lupanya

ini tipe orang yanng mungkin kita pernah temukan ia sangat lama untuk menghafal akan tetapi sagat lama juga ia unutk melupakan hafalannya itu

3. Cepat hafal dan cepat juga lupanya

sering kita temukaan teman atau saudara kita yang sangat cepat sekali menghafal sangat cepat pula untuk melupakanya.

4. Lambat hafal dan cepat lupa

unutk tipe orang yang no 4 ini merupakan kategori orang yang kurang pintar atau bisa di sebut pemalas (bodoh) karena sulit untuk menghafal dan sangat cepat untuk lupa.
sebenarnya sangat banyak faktor penyebab kita menjadi sulit mengahfal dan cepat lupa dan faktor utamanya adalah MAKSIAT.

Maksiat sangat memperngaruhi sekali dalam segi penghafalan karena ia masuk dalam kategori dosa pengahlang lmu, kenapa maksiat bisa menyebabkan kita sulit untuk menghafal ?

Mungkin sering kita liat banyak orang yang sering melakukan maksiat dan ia sangat sulit untuk menghafal ilmu, walaupun ia sangat cepat menghafal maka itu pasti akan cepat untuk dilupakan ilmu nya karena ilmu itu cahaya dan hanya berada pada tempat yang bersih dari maksiat

baik sekarang kita akan kembali pada topik pembahasan kita tentang

berikut beberapa tips rahasia agar mudah menghafal dan sulit lupa

4 rahasia agar mudah menghafal dan sulit lupa:

1.Meluruskan niat saat ingin belajar

Biasanya orang ingin belajar itu niatnya ada 2

A. untuk instrinsik = mengumpulkan pengetahuan hanya untuk diri sendiri
Biasanya orang tipe ini senang sekali akan penelitian dan ingin mengemmbang sebuah ilmu sendirian agar semua orang bisa mengakuinya sebagai orang yang jenius.

B. untuk extrensik =mengumpulkan unutk unsur lain(untuk melamar kerja dsb)
dan biasanya ketika sudah mendapatkan pekerjaanyua maka ilmu yang telah ia dapat akan perlahan hilang dari dirinya

Tapi islam tidak terpaku pada 1 tujuan , islam merangkum keduanya dan jika anda ingin mendapatkan ilmu keduanya.
maka niatkan segala  macam ilmu yang engkau dapat karena Allah dan Niat mencari ilmu karena Allah maka dengan sendirinya Ingsallah Allah akan mempermudah jalan kita untuk mencari ilmunya dan menguatkannya kedalam diri kita.

Al kisah saat Rasulullah pertamaa kali mendpatkan wahyu di goa hiro .

Rasulullah adalah seorang yang tidak bisa membaca Awalnya,  Allah memberikan wahyu agar Rasul membaca "iqro" akan tetapi Allah tidak bisa membaca karena tidak ada yang mengajarinya lalu sambuangat ayat setelahnya "bismirobbikal lazhi qolaq "
" bacalah dengan menyebut nama tuhanmu yang menciptakan"
maka Malaikat jibril memeluk rasulullah dan membisikan bacaan surat Al'alaq.
dan pertama kali turun wahyu belajar dan membacalah karena Allah.

Jangan kan yang susah yang mustahil aja dengan diniatkan karena Allah maka Allah akan kabulkan.
orang yang menghafal atau memngingat karena Allah,
Orang yang belajar mengahafal dan mengingat karena Allah maka Allah langusng yang akan menanamkannya ilmu yang sulit unutk dilupakan.

2. Kesungguhan

mencatat dan berdoa.
Bersungguh-sungguh untuk belajar dengan mencatat segala macam pelajaran yang ingin dihafal dan tidak lupa untuk selalu berdoa agar dimudahkan pintu pemahamannya.

3. Tingkatkan selalu amal shaleh

Ilmu itu adalah cahaya yang akan menerangi kehidupan kita baik didunia dan diakhirat, ilmu atidak akan masuk dan berdiam ditempat yang kotor oleh karena perbaiki diri dan selalu tingkatkan amal perbuatan yang baik.

4. Jauhi maksiat

makasiat itu seperti noda dia akan menghapus segala macam pahala dan orang yang sering melakukan maksiat maka hidupnya tidak akan pernah berkah dan sulit untuk pikirannya dalam menghafal karena ilmunya tertutupi oleh dosa maka berusahalah untuk sebaik mungkin jauhi maksiat berbentuk apapun itu.

Inti dari semuanya adalah jika kita ingin agar mempuanyai ingatan yang kuat dan seulit lupa maka berusahalah untuk selalu menjauhi maksiat.

mungkin cukup sekian dulu bila ada kata atau kalimat yang kurang berkenan mohon dibukakan segala macam pintu maaf nya sebesar-besarnya.

sumber dari (berbagai sumber)