Hukum terlalu Banyak Tidur saat Berpuasa


Banyak diantara kita yang ketika dibulan ramadhan ini tidak memanfaatkan waktu sebaik mungkin, padahal rasulullah telah menjelaskan bahwa dibulan puasa itu sangat banyak pahala yang akan didapatkan ketika kita dapat memaksimalkan waktu ketika dibulan ramadhann ini.

dengan segala aktifitas agama terutama perbanyak shalat dan tilawah Al qur'an.

Jika kita hanya menggunakannya untuk tidur dan berleha-leha bagaimana hukumnya ?


Sebelum kita masuk pembahasan bagaimana hukum tidur seharian ketika berpuasa?
kita bahas terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan banyak orang yang tidur ketika sedang berpuasa dibulan ramadhan?

faktor-faktor penyebab seseorang tidur ketika berpuasa:

1. Jam tidur yang berubah

ketika masuk pada bulan puasa mungkin banyak diantara kita yang yang tidurnya berubah,dan ini merupakan faktor yang mempengaruhi kita suka mengantuk ketika berpuasa.

2. Menurunnya kadar Glukosa dalam darah

menurunnya gulkosa dalam darah dapat menyebabkan otak menurun daya konsentrasinya,otak mendapat asupan energi dari glukosa,
sehingga jika aliran glukosa dalam dalam darah berkurang akan mempengaruhi kinerja otak

Dikutip dari Fitnessspotlight, Rabu (11/8/2010) setelah energi yang dihasilkan oleh makanan sudah menipis, maka hati akan mengeluarkan cadangan glikogen yang disimpan untuk membantu memberikan energi bagi tubuh sehingga otak dan sistem tubuh lainnya bisa bekerja maksimal.

oleh karena itu sebagian orang suka mengantuk dan lemas jika sudah memasuka jam siang hari. untuk mencegahnya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung glukosa seperti beras merah,ubi,jagung,ingkong, oatmeal, roti gandum akan menahan glikogen lebih lama untuk menghasilkan glukosa.

3.Kekurangan zat besi


zat besi sangat penting untuk tubuh kita karena ia sangat berperan untuk selalu membantu stamina kita agar selalu bertenaga agar kita tidak kekurangan asupan zat besi ketika sahur perbanyaklah mengkonsumsi i sayuran berdaun hijau, ikan teri dan juga kacang-kacangan.

Karena zat besi membuat tubuh akan banyak menyerap oksigen sehingga tidak cepat mengantuk. Setelah kita mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan kita mudah mengantuk ketika berpuasa.

sekarang kita kembali ketopik pembahasan bagaimana hukum terlalu banyak tidur saat berpuasa?

seseorang yang tidur sepanjang siang puasa tetap puasanya sah.

akibat terlalu banyak tidur yang menyebabkan timbul banyak penyakit

akan tetapi haram baginya jika dia meninggalkan shalat-shalat (disepanjang siang itu ia tidur) jadi jika ingin tidur kita harus memperhitungkan waktunya apakah pas dan tepat untuk tidur dan tidak meninggalkan shalat wajib dan berjamaah di masjid.

akan tetapi sangat disayangkan ketika bulan ramadhan yang penuh berkah dan limpahan pahala yan gkita pergunakan untuk tidur dan tidur belum temtu kita akan bertemu bulan ramadhan di tahun depan jadi sangatlah disayangkan puasa kita hanya diperguanakan untuk tidur,

jika mampu lakukanlah segala aktifitas yang bermanfaat

ketika sedang melaksankan ibadah puasa,

seperti perbanyak ibadah sunnah terutama shalat sunnah dan tilawah Al qur'an.

 lakukan lah segala aktifitas yang bermanfaa selama berpuasa dibulan ramadhan karena segala ibadah kita akan dilipat gandakan pahalanya.

Jadi intinya terlalu banyak tidur saat berpuasa tidak membatalkan puasa kita , hanya saja harus digaris bawahi apakah ikhwan wal ahwat mau ketika kita telah mencapai hari kemenangan dan penghisapan kita hanya mendpatkan pahala puasa yang di jalani hanya untuk tidur seharian ?

mungkin saya cukup samapi sekian dulu yah jika terdapat banyak kesalah dalam pengucapan maupun kalimat mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya.

Sumber (dari berbagai sumber berita )