zona kreatif area- mungkin teman-teman pernah merasakan atau mengalami kejadian dimana memaksa teman-teman untuk begadang semalam.

Mungkin karena dikejar deadline, besok ujian, latihanan karena ada pertandingan dsb, semua itu pasti pernah kita rasakan.

bahayanya begadang bagi otak
jangan pegadang by hamsansiswanto



pernah tidak kita berpikir apa yang akan terjadi dengan tubuh kita jika kita kurang istirahat?



yah benar, tubuh kita akan mearasakan yang namanya lemas dan dapat menyebabkan datangnya penyakit, lalu bagaimana dengan otak kita yang menemani kita semalaman dan terkadang kita begadang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat seperti nonton bola atau nonton drama korea, untuk yang satu ini saya pernah merasakannya begadang hanya untuk menonton bola!!

lalu bagaimana dengan kondisi otak kita ?

Untuk itu saya akan share tentang  penyakit yang disebabkan akibat  otak atau pikiran yang kurang istirahat.

1. Hilangnya memori atau ingatan.


Pernah dengar Hippocampus, ?
Hippocampus merupakan bagian dari otak besar yang terletak dibagian lopus temporal dan berfungsi sebagai pengingat dan memberikan ruang pada ingatan untuk menyimpan informasi.

Penyakit alzheimer (pikun) akan pertama kali menyerang bagian hippocampus dengan tujuan agar orang yang terserang alzheimer menjadi pelupa dan hilang memorinya.
Jadi jika teman-teamn terlalu seringbegadang maka otak akan lelah dan menimbulkan resiko kerusakan otak pada bagiaan hippocampus, jadi teman-teman akan mudah lupa.

Bisa dibayangkan teman-teman bagaiamana rasanya jika kita kehilangan ingatan kita ?

2. Mudah Marah.


Orang yang begadang semalam dan keesokan harinya bekerja seperti biasa maka secara alami otak akan brutal karena kelelahan yang memaksanya untuk selalu berpikir sehari semalam tanpa kenal lelah dan istirahat.

Jika pikiran kita saja sudah brutal maka akan memicu dan memerintahkan agar tubuh dan watak kita menjadi pemarah, loh kok bisa?
yah pasti bisa dong kan otak yang mengatur tubuh kita jadi jika otak kita lelah maka kitapaun akan penuh amarah menjalani hari. 

Mungkin sebagian teman-teman pernahkan mersakan rasanya begadang dan esoknya mengerjakan pekerjaan seperti biasanya, apa yang terjadi??

3.Kesalahan mengingat .



Otak yang kurang tidur akan menuntut untuk istirahat jika kita tetap memaksanya untuk terus bekerja maka yang kita dapat hanya sia-sia.
karena segala informasi yang akan kita terima dan cerna semuanya akan hilang dengan seketika,  karena penampungan kita sedang dalam masanya kelelahan.

Jadi jangan dzoholim yah berikan tubuh ini untuk istirahat walaupun hanya 2 atau 3 jam.

4.Bicara enggak jelas



Pernahkah teman-teman berbicara didepan umum atau sedang ngobrol dengan teman, tapi apa yang kita ucapkan itu tidak dimengerti oleh lawan bicara kita. sebenarnya itu masalah dari pikiran kita, kita tidak dapat memfiter dan menyusun kata-kata yang harus kita ucapkan karena saat kita berbicara otak kita sedang dalam keadaan kelelahan,
"Bahasa kerennya enggak nyambung omongannya "

teman kita ngobrol kemana kita kemana ? pernah kan ! ayo ngaku aja pernha kan !!

Untuk mencega semua itu kali sayapun akan memberikan tips bagaimana caranya agar otak kita selalu fress dalam keadaaan yang sangat baik.


Tipsnya !!!



1. Jangan mengkonsumsi Al kohol atau kafein 3 atau 4 jam sebelum tidur.

2. Jangan makan berat sebelum tidur

3. Jangan pernha membawa pekerjaan ditempat tidur

4. Jangan olahraga 2-3 jam sebelum tidur

5. Jangan pernah minum obat tidur tanpa resep dokter karena dapat menyebabkan ketergantungan obat

6. Ciptakan suasan tidur yang nyaman

7. Usahakan untuk tidur pada jam yang sama setiap hari.


Mungkin kita cukupkan dulu yah teman-teman sebenarnya masih sangat banyak penjelasan tentang bahayanya begadang untuk kesehatan.

Sebelum saya tutup saya mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya jika terdapat kalimat atau tulisan yang kurang berkenan. sampai jumpa lagi kawan-kawan di artikel selanjutnya