Apa Saja Modal Untuk Sukses Hidup

Berikut ini modal untuk sukses dunia akhirat

Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana menjalakan hidup agar dapat bahagia dunia akhirat ?
Melanjutkan tulisan yang pertama yang belum baca dianjurkan membaca yang pertama nya yah( inilah modal hidup sukses dunia akhirat)
Kata modal itu biasnya diguanakan dalam hal jual beli, sosial tapi kok didalam agama juga ada yah yang namanya modal ? Yah tentu saja banyak.
Dan kali ini kita akan melanjutkan pembicaraan yang kemarin tentang modal hidup sukses dunia akhirat dalam islam.
Yang sudah kita bahas diartikel pertama bahawa modal hidup seseorang agar dapat sukses dunia dan akhirat itu ada

4 modal agar hidup sukses dunia dan akhirat

1. Harus mempunyai IMAM

2. Kudu Berilmu

3. BerAkhlak Baik

4. Amal yang banyak

langsung saja kita sudah belajar tentang 2 modal yang harus kita miliki agar hidup sukses bahagia dunia akhirat, yaitu IMAM dan ILMU.

Untuk pembahasan yang selanjutkan kita akan belajar tentang AKHLAK dan AMAL.

MODAL hidup sukses manusia didunia dan akhirat

1.Harus mempunyai Akhlak yang baik


Didalam kehidupan tingka laku , ahlak atau biasa disebut attitude dalam dunia bisnis karena sepintar apapun seseoran jika akhlaknya tidak baik maka tidak layak dikatakan orang yang mempunyai ilmu karena ciri orang yang berilmu adalah baik tinggka lakunya, baik tutur katanya dan baik hatinya karena semua itu merupakan cerminan dari imam dan ilmu.


Mugkin sering kita liat para orang-orang yang berduit dengan ilmunya dia dapat melakukan segala hal yang ingin dia lakukan bahkan tidak sering ia menyakiti sesama manusia demi keinginan hati dan hasratnya kenapa mereka melakukan itu apa mereka tidak mengetahui jika perbuatan yang ia lakukan itu perbuatan yang dzholim?


Kita akan jelaskan bahwa sesungguhnya mereka itu bukan karena tidak mengetahui apa hukuman dan dosanya? akan tetapi mereka itu menyepelekan dosa yang menurut mereka itu kecil dan tidak akan pernah mendapat balasannya .


Semakin tinggi ilmu yang kita miliki jika tanpa dibarengi dengan imam dan akhlak maka kita akan menjadi orang yang merugi. Dan salah satu kunci kesusksesan dalam segala bidang pekerjaan maupun kehidupan yaitu dengan berakhlak yang baik.


Mungkin sebagian teman-teman masih meragukan atau bingung apa saja manfaat akhlak yang kita dapatkan jika kita berakhlak baik.

Baik berikut manfaat berakhlak baik untuk kehidupan :


A. Akhlak baik adalah kesempurnaan agama

Jika kita rajin beribadah akan tetapi kita sering sekali mendzolimi teman, saudara, keluarga maka kita tidak dapat dikatakan amal ibadah kita baik atau bisa dibilang kita belum benar-benar sebagai orang yang taat beragama, loh kok kenapa kan kita setiap hari melakukan ibadah, baik yang wajib maupun yang sunah?
Iya benar kita memang telah melakukan ibadah akan tetapi ibadah yang kita lakukan itu tidak sempurna karena ibadah yang  telah selesai kita lakukan , dan kita masih tetap melakukan perbuatan buruk, maka pertanyaanya kemana dampak ibadah yang kita lakukan , pada dasarnya ibadah itu kan agar memberikan kita dampak kebaikan dalam hidup.

Jadi sudah kan teman-teman mempunyai akhlak yang baik, setidaknya tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain ?

B. Selamat hidup dunia dan akhirat

“lisanmu harimau mu “
mungkin teman-teman semu tau dengan ungkapan diatas,? Perbuatan yang tidak mampu dilakukan oleh anggota badan kita yang lain akan tetapi lisan dapat melakukannya, LISAN merupakan salah satu anggota tubuh manusia yang tidak mempunyai tulang, dan karena ia tidak memiliki tulang ia sangat berbahaya. Loh kok kenapa berbahaya ? Banyak yang hidup nya sengsara karena lisan dan banyak pula yang hidup nya bahagia kaena lisan .

Rasulullah pernah berdsabda :

“jika kalian tidak mampu berkata baik maka diamlah “
inti dari itu berhati-hatilah dengan lisan kita karena ia sangat besar pertangung jawabannya kelak di akhirat nanti .

Sudah berkata baikkah hari ini teman-teman ?

2. BerAmal lah yang banyak


Jika semua Modal sukses yang pertama sampai yang ketiga telah kita miliki maka tidak akan sempurna jika kita tidka memiliki yang namanya Amal, karena apa ?

Yah karena dengan amal lah kita dapat bernilai dimata Allah , maka sebelum waktu hidup kita berakhir lakukanlah segala macam amal ibadah yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul NYA.

Sedikit bercerita yah teman-taman mungkin tepatnya satu tahun yang lalu ada yang bertanya kepada saya, mas apa saja si amalan yang pahalanya itu tidak akan pernah terputus walaupun kita meninggal dunia.

Baik akan kita pelajari tentang apa saja Amalan yang tidak akan terputus pahalanya walaupun kita telah meninggal dunia?

A. Shodaqoh jariyah


mungkin banyak yang bertanya yang seperti apa sie yang terkategori shodaqoh jariyah itu ?
Shodaqoh jariyah itu segala sesuatu harta atau barang yang kita keluarkan untuk jalan Allah seperti untuk pembangunan masjid, pembangunan sekolah, pembangunan majlis ilmu , dan pembangunan pondok pesantren.
Semua itu termasuk dalam kategotri shodaqoh jariyah dan selama bangunan yang telah kita keluarkan harta untuk nya masih diperguanakan untuk belajar atau beribadah maka pahala yang mereka lakukan kitapun akan menerimanya.

Subhanallah enak sekali kan , jadi kenapa masih ragu untuk mulai berinvestasi untuk akhirat kelak?

B. Ilmu yang bermanfaat

Seperti yang telah kita jelaskan di artikel yang pertama ( modal sukses dunia akhirat) Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang bertambahnya kebaikan kepada kita, lalu bagaimana bisa ilmu menjadi amal yang tidak dapat terputus pahalanya walaupun kita sudah meninggal dunia?

Karena jika kita memberikan ilmu kepada orang lain lalu orang itu memberikan kepada orang lian dan orang lain itu memberikan kebaikan kepada orang lain juga, maka siklusnya tidak akan pernah terputus kebaikan yang kita peroleh walaupun kita sudah meninggal dunia.

C.Anak shaleh yang mendoakan keluarganya.


Mungkin untuk poisn yang ketiga ini sedikit sulit kenapa?
Yah karena mendidik anak untuk menjadi anak yang shaleh itu tidak seperti kita membalikkan telapak tangan,

“kasih ibu sepanjang masa kasih anak sepanjang jala “
artinya kasih orang tua itu tidak akan pernah luntur walaupun ia telah dia , tapi kita lihat kasaih sayang seorang anak , mungkin ada yang sayang hanya saat ada mau nya saja, dan ketika kita telah meninggal mungkin saja anak kita yang kita banggakan , kita sayangi, lupa untuk mendoakan kita.


Nauzhubilah … oleh karena itu mari kita mulai untuk berpikir pendidikan seperti apa yang dapat membuat anak kita menjadi anak yang shaleh dan sholeha ?
Dan pendidikan terpenting itu sebenarnya berada diseorang ibu maka untuk para ibu-ibu harus dapat menanamkan nilai akidah yang kuat kepada anak-anaknya agar kelak mereka dapat menjadi anak yang sholeh dan sholeha.

Kesimpulannya :

kita akan dapat merasakan sebuah kesuksusan didunia dan akhirat jika kita dapat mengamalkan

4 modal hidup untuk meraih sukses dunia dan akhirat
1. Modal Imam
2. Modal Ilmu
3. Modal Akhlak
4. Modal Amal

ke 4 modal diatas merupakan kunci agar kita dapat menjadi hamba Allah yang sukses didunia dan akhirat .
Maka mari kita bersama-sama untuk mengejar kehidupan yang lebih membahagiakan yaitu kehidupan yang hakiki SURGA Allah Ta'ala.

Saya cukupkan sekian dulu yah teman-teman, sampai bertemu di artikel selanjutnya terimakasih untuk yang telah meluangkan waktunya untuk mampir dan membaca artikel sederhana ini, jika ada tulisan atau kata yang salah saya mohon dibukakan pintu maaf sebesar besanya karena kesalahan itu datangnya dari saya dan kebenaran hanya milik Allah.
Terimakasih