Seorang Penghafal Al- qu'ran membaunyai kedudukan yang istimewa dihadapan Allah kelak, karena rasulullah pernah bersabda :
berikut 6 hal ringan penyebab hafalan hilang

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia.” 
Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” 
Baginda manjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang 
yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad).

Begitu istimewanya kedudukan seorang penghafal Al qur'an sehingga Rasulullah pun menganggap penghafal al qu'ran itu sebagai keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah ,

Subhanallah begitu istimewanya derajat seorang penghafal qu'ran,
Masih banyak sekali keutamaan dan keistimewaan dari seorang penghafal al-qur'an.

Mendengar keistimewaan memuat banyak orang ingin menghafal al-qu'ran, hampir setiap muslim berharap dapat menghafalkan Al-qu'ran namun fakta lapangan yang ada, sangat banyak orang yang ingin menghafal Al-qu'ran, tidak sampai tujuannya mereka semua kandas ditengah jalan, karena sulitnya untuk menghafal Al-qu'ran hampir semua keluhannya itu sama,

Hal ringan penyebab hafalan hilang

"mas , kok ngapalin Al-qur'an itu sulit yah, saya sering banget lupa, setiap hafal beberapa ayat, beberapa jam kemudian hilang,beberapa hari kemudian hilang lagi hafalanya, kenapa yah mas,?" 

"mungkin makanan yang dimakan kali ada yang enggak halal,?" jawabku 

"ah enggak dah mas,soalnya saya paling menjaga masalah makanan,?"

"Al-qu'ran itu kalam Allah yang suci , sesuatu yang suci itu tidak bisa dicampurkan dengan sesuatu yang kotor,"

Banyak orang yang ingin menghafal Al-qu'ran sangat semangat di awal namun apa yang terjadi di tengah jalan mereka berguguran,  dengan berbagai alasan yang mereka katakan.

iya memang saya akui , untuk menjadi seorang penghafal Al-qu;ran itu tidak mudah, terkadang ketika sedang menghafal Al-qu'ran tumbuh berbagai godaan untuk berhenti menghafalnya.

Bosen, malam ,jenuh ,pusing dll 

semua itu hanya Alasan semata,

owh yah, satu lagi yang harus diperhatikan untuk teman-teman yang bercinta-cinta untuk menjadi penghafal Al-qu'ran berusahalah untuk menjauhi segala kemaksiatan yah, kalau ada yang bilang " kalau maksiatnya sedikit mah enggak masalah kali,?" hehehe makiat kok sedikit-sedikit,?

untuk menjawab pertanyaan dan keluhan teman-teman saya akan sharee beberapa hal yang menjadi indikasi penyebab hafalan kita sering lupa 


6 hal ringan yang dapat membuat hafalan cepat lupa


1.Ada niat namun tidak melakukan;

wah untuk yang ini sering banget kita temui ni, orang yang menggempor-gemporkan ingin menjadi seorang penghafal Al-qu'ran namun apa yang terjadi mereka malas untuk melakukannya, karena mereka hanya niat diawal, semangat diawal namun tidak ada action.

2.Tidak dapat menjaga pandangan

"enggak papa lah kalau sedikit mah,?" 

ungkapan yang sering sekali menjadi alibi dari seorang yang belum bisa meninggalkan kemaksiaatan, tidak dapat menjaga pandangan nya.

penyakit kemaksiatan yang satu ini memang sulit sekali di tinggalkan, yah termasuk sayapun msih sulit untuk menjaga pandangan, jadi minta doanya yah biar saya bisa menjada pandangan saya hehehe ^_^ 

"karena sifat dari mata itu tidak pernah puas untuk memandang"
tapi usahakan untuk memandang yang tidak dilarang oleh agama yah?

3. Tidak melakukan shalat hajat

Shalat hajatkan shalat sunah yang berfokuskan untuk soerang hamba meminta suatu keperluan khusus, tapi hakikat semua shalat itu sama hanya saja ada faidah yang berbeda setiap shalat itu, begitulah kesempurnaan agma islam ini.

untuk teman-teman yang ingin menghafal Al-qu'ran bisa meminta langsung kepada sang pencipta agar tipermudah dalam menghafla al-qur'an .

4.Melalaikan shalat 

Shalat itu tiangnya agama, amalan yang pertama kali akan dipertanyakan dan sangat besar nilainya di hadapan Allah , jadi bagaiaman kita menjadi seorang pengahafal Al-qu'rna shalat nya aja selalu dinanti-nanti, Allah pun akan menanti nantikan ilmu NYA yang akan diberikan kepada kita.

5.Tidak pernah mendoakan orang tua.

Pernah dengar hadist " surga ditelapak kaki ibu" itulah salah satu hadist rasulullah 

jadi jika kita ingin mengapai sesuatu maka berusahalah untuk mengabdikan diri kepada kedua orang tua, dan tidak pernah lupa untuk mendoakan kedua orang tua.

6.Sombong

Hal terakhir yang sangat-sangat harus diperhatikan bagi setiap penghafal Al-qu'ran adalah dilarang ada rasa sombong pada dirinya, karena ilmu itu milik Allah, hanya sekedar titipan kepada kita , jadi apa yang harus kita sombongkan, karena kita tidak mempunyai apapun untuk disombongkan.


Alhamdulillah semoga artikel singkap itu bisa membuat kita menjadi seorang penghafal hadist yang baik